Judul               : Menguak Injil-injil   Rahasia

Pengarang        : Deshi Ramadhani,Sj

Penerbit           : Tim Penerbit Kanisius

Tebal buku      : 208

ISBN                : 978-979-21-1736

 

        Hai sobat Merto, kali ini kita akan membahas suatu  buku yang dapat dikatakan sebagai bacaan ‘berat’. Kenapa dikatakan berat??? Mari kita bahas lebih lanjut.  Buku yang berjudul “ Menguak Injil-injil Rahasia” adalah sebuah buku karya seorang romo yang bernama Rm. Deshi Ramadhani, Sj. Buku ini diterbitkan oleh Tim Penerbit Kanisius dengan cetakan pertama sekitar tahun 2007 . Sesuai judulnya buku ini menjelaskan seputar injil- injil secara lebih mendalam. Tidak hanya itu  injil-injil yang disajikan pula ternyata bukan hanya injil yang biasa  dikenal di khalayak umum  seperti Injil Matius, Markus, Lukas, ataupun Yohanes, tetapi  justru injil-injil yang aneh apabila didengar oleh telinga awam. Dari keanehan itu mungkin  kalian akan bertanya-tanya “Kenapa injil-injil tersebut dibuat? dan kenapa keberadaannya harus ditutup-tutupi oleh gereja sendiri?”  Melalui buku ini pertanyaan-pertanyaan tersebut akan terjawab.

Dimanakah titik berat buku ini ? titik beratnya ada pada sajiannya. Penulis tidak menyajikan suatu permasalahan-permasalahan sederhana terkait injil tersebut, tetapi  ia memberikan uraian permasalahan-permasalahan yang bisa  dibilang cukup kontroversial. Kenapa kontroversial?

           Pertama, sumber-sumber  injil yang dituangkannya dalam buku tesebut  terkait  dengan Yesus yang terkesan  tidak seperti sosok Yesus pada umumnya. Kedua, beberapa sumber injil yang disajikan pula ternyata  mengandung makna yang cukup berbeda dengan yang kita duga seperti Injil  Yudas yang mengemukakan bahwa Yudas sendiri  dianggap sebagai seorang  sosok pahlawan.  Tetapi karena penulis merupakan sosok yang cerdas pula, ia tidak hanya berani menyajikan permasalahan-permasalahan tersebut tetapi juga mampu meluruskan bagaimana kita seharusnya menanggapi isi dari buku tersebut. Penulis berhasil menyajikan buku tersebut yakni mampu menyeimbangkan antara bagaimana dia menyajikannya dan bagaimana dia menguraikannya.

Dari segi isi, buku ini disajikan dengan cukup baik. Dimana dari segi bahasanya tidak disajikan secara bertele-tele sehingga orang pun akan paham maknanya tanpa harus membaca berulang-ulang. Tidak hanya itu, pemilihan kata pada judul yang cukup apik membuat  orang pun tertarik untuk membaca buku tersebut bahkan hingga selesai.

         Tetapi ada satu hal yang harus diperhatikan dalam membaca buku ini. Kehati-hatian sangat perlu ditekankan dalam membaca buku ini. Buku ini memberikan sajian permasalahan yang cukup kontroversial dan apabila salah dalam memahami, maka tidak hanya diri sendiri yang dirugikan tetapi bisa jadi orang lain pula. Buku ini cocok bagi seseorang yang tertarik dengan bacaan-bacaan berani yang bisa dibilang berisiko dan cocok pula bagi seseorang yang hanya sekedar ingin menambah wawasan.

( Bijaksanalah dalam memilih dan memahami suatu bacaan ).