Pada hari Sabtu,27 Oktober 2018 kami warga Seminari Mertoyudan Magelang melakukan ziarah ke Sendangsono.Oleh karena itu sekolah diliburkan & acara diisi dengan sosialisasi untuk persiapan ke Sendamgsono yang dilaksanakan di Kapel Besar pada pukul 09.00 oleh Romo  FX Arko SJ, kemudian dilanjutkan dengan sharing per baver mulai dari MU hingga MP.Kami membuat niatan-niatan yang akan dilakukan selama perjalanan.

          Pada pukul 12.00 kami persiapan,mengemas barang–barang yang perlu dibawa,dan dilanjut dengan makan siang.Pukul 13.00 kami berkumpul diKapel Besar untuk menerima berkat dari Romo Leo Agung sardi SJ selaku romo rektor Seminari Mertoyudan Magelang.Pukul 13.15 kami pun berangkat dengan berjalan,kami pun berjalan dengan penuh semangat & kami juga saling menyemangati satu sama lain.Walau ada yang kaki nya mengalami luka,tapi itu bukan sebuah halangan ditambah lagi hujan yang cukup deras menambah semangat kami untuk tetap lanjut.

          Kira-kira pukul 18.20 kami tiba di Gereja Promasan.Setiba di sana kami pun Mandi lalu makan malam,setalah itu kami melanjutkan perjalanan dengan Salan Salib menuju ke Gua Maria Sendangsono.Jalan Salib nya tidak seperti Jalan Salib pada umumnya,Jalan Salib yang satu ini cukup jauh,ditambah lagi hujan turun dan membuat jalan agak licin,tapi itu bukanlah hal yang menghalangi kami.

          Setiba di Gua Maria Sendangsono kami beristirahat sebentar.Lalu pada Pukul 22.00 kami merayakan Ekaristi Mingguan.Walau telah lelah & mengantuk akibat berjalan kaki,tapi kami tetap khusuk mengikuti Ekaristi.Seusai Ekaristi,ada beberapa dari kami yang pulang dengan berjalan kaki,kami yang berjalan kaki berangkat sekitar pukul 01.30.Kami yang tidak pulang dengan berjalan tidur di area Gua Maria Sendangsono.

Pada hari Minggu,28 Oktober kami Melaksanakan Ibadat Penutup(Laudes) pada pukul 05.00. Seusai Ludes kami kembali ke Seminari Mertoyudan agelang dengan naik angkutan umum & tiba di seminari kira-kira pukul 08.30.